5 Hal Penting Dalam Design Apartemen

Desain apartemen yang tepat adalah faktor penting dalam menciptakan suasana tinggal yang nyaman dan sesuai fungsinya dalam sebuah hunian. Terutama pada sebuah tempat tinggal seperti apartemen yang memiliki luas hanya berkisar antara 25 m2 hingga 65 m2. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam merancang apartemen yang baik.

Ukuran Apartemen

Ukuran apartemen harus diperhitungkan dalam merancang desainnya. Pertimbangannya adalah apartemen yang kecil memerlukan perencanaan yang lebih teliti dalam penggunaan ruang agar dapat mengakomodasi kebutuhan penghuni dengan optimal. Sebaliknya, apartemen yang lebih besar memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam perencanaan dan penempatan furnitur.

Ukuran apartemen menentukan design yang tepat.

Fungsionalitas Design Apartemen

Selain itu penting untuk mempertimbangkan fungsi yang tepat dalam merancang apartemen. Ruang-ruang yang dipilih harus memiliki fungsi yang jelas dan terorganisir dengan baik sejak awal. Misalnya, dapur harus dirancang agar sehingga mudah diakses dan berfungsi penuh untuk memasak, seperti posisi kompor, pencuci piring, rak pengering, bahkan harus mempertimbangkan ke mana uap hasil masakan mengalir.

Contoh lainnya adalah ruang tamu yang harus dibuat untuk menerima banyak orang secara efisien namun tetap menjadikan tamu merasa nyaman. Begitu pula ruang tidur yang harus mempertimbangkan tidak hanya posisi furniture tapi juga sirkulasi udara dan pencahayaan yang tepat agar penghuni dapat memaksimalkan waktu istirahatnya.

Pencahayaan Alami

Tidak hanya di ruang tidur, pencahayaan, khususnya pencahayaan alami, harus menjadi perhatian di setiap ruang dalam design apartemen yang baik. Pencahayaan alami memberikan kesan yang lebih terang dan hangat pada ruangan. Selain juga dapat menghemat energi karena tidak perlu terus menyalakan lampu, terutama di siang hari.. Oleh karena itu, jendela yang besar dan ventilasi yang baik harus menjadi prioritas dalam merancang apartemen.

Pencahayaan alami yang baik dapat menghemat energi.

Warna dan Tekstur

Tidak banyak yang menyadari penggunaan warna dan tekstur harus dipertimbangkan dalam desain apartemen. Karena warna-warna cerah dan tekstur yang halus dapat memberikan kesan yang luas dan cerah, sedangkan warna-warna yang gelap dan tekstur yang kasar dapat memberikan kesan yang lebih hangat dan intim.

Pemilihan Furniture

Dalam memilih furnitur haruslah tepat dan sesuai dengan tema desain. Meskipun demikian yang juga tidak boleh dilupakan adalah hal paling dasar dari furniture yaitu harus dapat berfungsi baik, serta memiliki kualitas yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya fungsional, furniture harus awet dan tahan lama.

Dapat disimpulkan dalam merancang desain apartemen yang baik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti ukuran apartemen, fungsionalitas, pencahayaan alami, penggunaan warna dan tekstur, serta pemilihan furnitur. Hal-hal ini akan memastikan apartemen terlihat dan terasa nyaman, serta berfungsi dengan baik untuk kebutuhan penghuninya.